Jumat, 20 Februari 2015

Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update

Teknisikomputer.com - Kemarin setelah liburan simpulan pekan, saya menggunakan kembali komputer kerja saya yang terinsatal menggunakan  OS Windows 7 di lab. komputer. Dan Komputerpun Tidak ada persoalan yang berarti, hanya perlu update anti virus saja. Saya  juga menggunakan komputer tersebut menyerupai bisanya. Tiba-tiba  saja pada siang hari ada pemadaman listrik bergilir dari PLN, sebab komputer saya menggunakan UPS jadi saya juga masih sempat untuk mematikannya komputer saya secara aman melalui proses ShutDown. 

Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update
Namun yang menjadi  pertanyaan dan persoalan yaitu proses update yang telah dilakukan oleh OS komputer saya sudah terhubung internet dan auto update memang  sengaja saya aktifkan. Seperti yang kita tahu bahwa proses update pada windows tidak mampu dihentikan secara paksa atau di matika powernya, alhasil saya menunggu proses tersebut dengan aneka macam sumber listrik terbatas dari UPS. Karena file update juga lumayan banyak menyebabkan proses update kian lama.  Ketika proses update sudah mencapai 90% tiba-tiba saja komputer tersebut mati sebab daya pada UPS tersebut sudah habis (maklum, UPS lama..hehe). Akhirnya sebab kebetulan pada jam kerja sudah hampir habis dan listrik juga belum menyala juga, saya tinggalkan komputer tersebut dengan perasaan  sangat was-was da prihatin.  kEsok harinya, saya nyalakan kembali komputer tersebut dan menemukkan beberapa error yang muncul di kotak-kotak peringatan pada desktop windows. Perubahan yang terasa yaitu update tampilan themes yang menjadi tema classic pada windows dan beberapa fitur windows update yang ikut hilang. 
Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update
Hal pertama yang akan saya lakukan adalah  dengan mengambil CD instalan Windows dan bermaksud untuk meng-upgrade OS windows tersebut. Setelah saya lakukan, ternyata CD instalan saya  juga tidak mampu meng-upgrade sebab versinya yang juga lebih lama dari pada OS yang sudah terinstal pada komputer saya ,mungkin saja sebab OS terinstal sudah pernah di update, sehingga memiliki file terbaru. Saya juga sudah mencoba untuk langkah repair yang ternyata juga tidak mampu dilakukan sebab persoalan versi yang tertinggal dari versi yang barunya. Karena 2 hal tersebut tidak membuahkan hasil alhasil saya akan menuju ke System Restore, untung saja Windows sudah membackup data sebelum terupdate dulu. 
Namun Setelah proses restore yang saya lakukan, tampilan OS sudah kembali menyerupai sediakala dan fitur windows update sudah mampu dibuka dan di aktifkan. Namun setelah saya cek kembali fungsi windows update pada komputer, komputer tersebut menawarkan pesan error “Windows update cannot check for update because the service is not running. You may need to restart your computer”. Saya menjadi mempunyai kesimpulan bahwa masih ada kerusakkan pada system OS saya dalam artian belum 100% fix.

Ada 2 cara yang sudah saya lakukan, namun jujur saja, persoalan saya ini belum juga teratasi.  Tidak ada salahnya kalau Anda nantinya mau mencoba cara ini, toh langkahnya juga sangat gampang dan mudah dilakukan oleh orang awampun. 

Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update


Solusi 1: Gunakan software Microsoft Fix it      
  • Microsoft Fix it khusus dirancang oleh pihak Microsoft untuk mengatasi sebuah permasalahan yang dialami windows serta Windows update. Silahkan Anda unduh secara gratis Microsoft Fix It ini ke situs resminya, atau kunjungi eksklusif link ini : http://support.microsoft.com/kb/2730071.      
  • Jalankan Microsoft Fix it tool lalutekan Accept.     Pilih “Detect problem and apply the fixes for me (Recommended)”.     
  • Pilih Windows Update untuk memperbaiki semua persoalan ini dan tekan “Next”.     
  • Lalu kemudian Cek hasilnya, lalu tutup Fix It dan cek kembali Windows Updatenya.
Solusi 2 : Menggunakan fitur services.msc    
  • Silahkan kalian tekan Windows key + R untuk membuka cmd/command box.      
  • Lalu Ketikan serives.msc dan tekan enter.     
  • Kemudian Carilah Windows Update Service, lalu klik kanan dan pilihlah Stop.    
  •  Tanpa menutup jendela Services,kemudian silahkan buka My Computer menuju ke folder C:Windows.     
  • Delete folder SoftwareDistribution (atau rename, teladan diubah ke SoftwareDistributionOLD).     kemudian Silahkan menuju ke Services lagi dan klik kanan pada Windows Update Service lalu pilih Start.     
  • Silahkan coba untuk mengupdate Windows Anda lagi
Baca Juga : mengatasi-wifi-windows-is-unable-to-connect-to-the-selected-network

FIX, kalau Anda memiliki cara lain atau komentar dan mungkin saran solusi untuk permasalahan menyerupai yang saya  alami,silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah artikel ini. Ya. Terimakasih :)
Nah, Dari pengalaman saya ini saya jadi mampu mempunyai kesimpulan dan mencari cara dan menemukan beberapa fakta bahwa ternyata Proses update yang mampu muncul saat shutdown atau restart tersebut mampu kita atur, jadi tidak akan terjadi menyerupai yang saya alami selanjutnya.

Artikel Terkait

Mengatasi Windows Yang Tidak Bisa Di Update
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email