Minggu, 15 Februari 2015

Cara Mengatasi Pesan Error Pada CMOS

Teknisipintar.com - Jika Anda mendapati pesan menyerupai ini "CMOS error....." pada ketika akan menghidupkan komputer, jangan panik, alasannya permasalahan ini biasanya diakibatkan baterai CMOS atau BIOS pada komputer Anda sudah rusak atau settingan BIOS berubah. Permasalahan menyerupai ini mampu Anda tangani sendiri dengan cara berikut.
Cara Mengatasi Pesan Error Pada CMOS

Cara Mengatasi Pesan Error Pada CMOS

1.    Buka casing komputer (CPU).

2.    Cari letak baterai CMOS dan keluarkan baterai tersebut. Cara mengeluarkan baterai ini yaitu dengan mencongkel sisi yang telah disediakan pada daerah baterai CMOS.

3.    Masukkan baterai CMOS yang baru.

4.    Seteiah baterai CMOS yang gres telah Anda pasangkan pada tempatnya, hidupkan komputer dan masukiah ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS ada beberapa cara yang berbeda tergantung dari jenis motherboard yang Anda pakai. Biasanya cukup dengan menekan tombol Delete, FI, atau F2 pada keyboard ketika komputer dinyalakan.

5.    Settinglah BIOS Anda dengan mengatur tanggal dan waktu pada BIOS, kemudian tekan F10 untuk menyimpan settingan yang telah Anda buat. Bisa juga dengan memilih menu Save Change and Exit pada halaman utama BIOS.

Demikian Cara Mengatasi Pesan Error Pada CMOS

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Pesan Error Pada CMOS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email