Selasa, 17 Februari 2015

Cara Memperbaiki Komputer Lemot Dengan Cepat

Teknisipintar.com - Ada banyak sekali macam alasan mengapa komputer/PC/laptop anda menjadi lemot/lambat dalam bekerja.Virus mampu menjadi alasan pertama yang terpikir oleh benak kita, Bundleware dapat juga menjadi penyebabnya. Dua penyebab yang saya sebutkan tadi juga hanya sedikit dari banyak sekali macam alasannya komputer menjadi akan jadi lambat.  Yang ingin saya sharingkan kali ini ialah penyebab komputer menjadi lambat dikarenakan oleh drive C yang mulai penuh, kalau di Windows7 akan terlihat di explorer kalau drive C anda  akan berwarna merah.
Cara Memperbaiki Komputer Lemot Karena DIsk C Penuh

Pertama kita perlu memahami dulu kenapa drive C yang penuh membuat komputer kita menjadi lambat, penjelasannya ialah karena drive C –umumnya- dipakai sebagai sistem operasi, nah, di windows ada file berjulukan Pagefile.sys  yang tugasnya ialah saat anda menjalankan aktivitas yang membutuhkan  sebuah RAM besar dan ternyata RAM anda kurang besar, pagefile.sys akan ‘meminjam tempat’ sebagai daerah virtual memory swap untuk membantu pekerjaan RAM sehingga aktivitas anda dapat berjalan.  Tempat yang dipinjam oleh pagefile.sys tersebut ialah –umumnya- drive C dimana OS Windows anda terinstal.  Pagefile.sys juga membutuhkan daerah kira-kira 30% dari besar RAM anda. Jadi, idealnya anda mampu sisakan daerah di drive C untuk kebutuhan pagefile.sys tersebut. Jika daerah tersebut tidak ada dan RAM anda kurang maka terjadilah komputer anda akan lambat alias lemot tadi.
Lalu, apakah yang mengakibatkan drive C itu penuh?
Berikut ini ialah beberapa penyebabdan  sekaligus cara mengatasinya:

  1. Terlalu banyaknya software/aplikasi yang terinstal, dilema ini juga dapat anda atasi dengan cara masuk ke Control Panel –> Programs and Features. Kemudian Pilihlah aktivitas yang sekiranya tidak anda pakai, dan Unintall aktivitas tersebut. 
  2. System Restore, meskipun fitur ini juga sangat penting menyerupai yang pernah saya share disini , namun fitur ini juga mampu cukup memakan banyak tempat. Jika drive C anda sudag kritis, anda mampu menghapus restore point anda. Caranya dengan cara tekan Start klik kanan pada Computer pilih Properties kemudian tekan System Protection. pada jendela Available Drives pilih drive system anda/drive C kemudian klik tombol Configure setelah itu coba klik Delete. 
  3. File Temporary yang berlebih, anda dapat menghapusnya dengan cara  menuju Start kemudian ketik %temp% pada kotak pencarian lalu tekan enter pada keyboard anda. Hapus semua file yang ada di folder tersebut, jikalau ada file yang sedang digunakan oleh windows maka akan ada pemberitahuan, silahkan anda skip saja. 
  4. File yang ada pada drive C, banyak orang tidak mengetahui bahwa folder Documents, Videos ,Pictures, Music ialah episode dari drive C. Maka jikalau folder tersebut sudah terisi file langsung anda, silahkan anda pindah data tersebut ke drive lain. Lalu  kemudian cek apakah browser default folder untuk unduh ada di C atau tidak, jikalau iya silahkan anda pindah ke drive lain.
Baca Juga : cara-membersihkan-virus-shortcut

Anda juga dapat menjalankan Disk Cleanup atau CCleaner untuk menanggulangi dilema tersebut serta kemungkinan kemungkinan lain, anda juga dapat melakukan  untuk Defrag pada komputer anda untuk mengatur kembali file-file yang  sudah berantakan. Jangan lupa untuk mengupdate juga antivirus anda untuk berjaga-jaga jikalau virus telahmenyerang komputer anda.
Itulah beberapa alasannya dan cara mengatasi komputer lambat karena drive C penuh dan membuat lemot pc kita, supaya artikel ini bermanfaat untuk anda dan. Terimakasih.

Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Komputer Lemot Dengan Cepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email