Kamis, 05 Maret 2015

Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya - Apa sih sesungguhnya kendala komputer yang sering restart sendiri dan apa dan langkah-langkah menyerupai apa yang harus di lakukan.

Pernahkah anda mengalami komputer restart sendiri ? Hal semacam itu cukup membuat agak jengkel saya. Lebih gak enaknya lagi pada ketika sedang mengerjakan peran kuliah atau kantor. Pasti pernah mengalami hal menyerupai itu, Langkah yang saya lakukan yakni mencari duduk perkara yang terjadi pada komputer. Mulai dari membongkar semua perangkat keras yang ada di dalam casing, Meliputi ; Mainboard, harddisk, memory, dvd rom dan power supply. Semuanya saya bersihkan satu per satu.

Sudah saya duga pada awalnya ternyata memori yang ada terpasang di mainboard sangat kotor, kemudian berinisiatif membersihkan memori tersebut dengan penghapus pensil.


Dan saya pikir masih banyak lagi penyebab komputer restart sendiri yang mungkin belum anda ketahui. Berikut goresan pena saya sendiri beberapa penyebab komputer sering restart :

Processor Terlalu Panas



cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Pada dasarnya processor yakni otaknya dari sebuah komputer. sama menyerupai kita manusia, kita juga memiliki processor yang berfungsi untuk memerintahkan semua aktifitas ke tubuh kita, itu yakni peran processornya insan :)

Processor juga mampu hank karna terlalu banyak jadwal yang di buka oleh pemakai. Proses hank ini biasa di sebut dengan Overheat ( Berlebihan). Cara melihat apakah komputer anda overheat yakni sebagai berikut :

  • Langkah pertama cek keadaan temperatur Hardware monitor yang ada pada BIOS. Atau anda mampu menggunakan software yang berjulukan CPUID. Untuk mendapatkannya mampu anda cari di internet.
  • kalo tidak mau repot eksklusif saja buka casing cpu dan lihat apakah di episode pendingin processor kemudian pegang. Jika sudah tidak hambar maka maka tambahkan lagi thermal pasta nya. Atau mampu menggunakan pasta gigi dan oleskan di episode bawah pendingin kipas hehe.

 

Power Supply Kurang Daya

 


cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Penyebab komputer restart sendiri mampu terjadi akhir power supply kekurangan daya. Power supply yang juga mampu overheat di sebabkan karna matinya kipas power supply itu sendiri, Akibatnya berdampak terhadap komputer anda. Dari studi kasus yang banyak di temukan Biasanya kipas power supply mati di sebabkan karna kabelnya putus.

Untuk mengetahui keadaan power supply masih normal atau tidak, Cara yang sangat mudah yakni dengan menghidupkan komputer tersebut, dan lihat pada episode kipas power supply masih berputar atau tidak.

Cek secara manualnya yakni dengan menyentuh pada episode power supply anda apakah panas atau tidak, Jika power supply terasa panas dan panasnya tidak normal patut anda waspadai. Karna mampu jadi power supply sudah lemah dan silahkan ganti power supply dengan yang gres atau dengan daya yang masih normal.


Harrdisk Sudah Lemah / Bad Sector



cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Komputer restart sendiri berikutnya yakni karna perangkat keras harddisk anda sudah bad sector. Bad Sector terjadi karna ada ukiran yang terjadi pada piringan harddisk. Biasanya karna sering terjadi mati mendadak atau mati lampu. Ciri-ciri harddisk yang sudah bad sector yakni sering terjadi Blue screen

Untuk mencoba mengatasi harddisk Bad sector ada banyak cara yang mampu anda lakukan dengan cara mengaktifkan checkdisk. Proses ini akan membantu meningkatkan performa harddisk yang sudah bad sector. Harddisk yang tadinya lemot mampu berubah agak mendingan.


VGA Bermasalah / RUSAK

 


cara mengatasi komputer mati/restar sendiri

Komputer yang sering restart sendiri juga mampu di sebabkan karna Vga yang bermasalah. Vga yakni perangkat keras yang mendukung berjalannya grafik komputer anda. Dan lagi-lagi Vga yang rusak di sebabkan oleh Overheat. ini mampu terjadi karna kipas yang berada di Vga card tidak berfungsi
Akibatnya Jika Vga card sudah rusak maka di monitor akan menampilkan gambar yang rusak atau tidak optimal menyerupai Vga card yang masih normal. Karna Vga sudah rusak akan memicu terjadinya komputer restart sendiri. Ada baiknya anda melaksanakan pengecekan Vga secara terpola biar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Memory RAM RUSAK

 

cara mengatasi komputer mati/restar sendiri
Komputer sering restart yang selanjutnya terjadi jikalau ram sudah bermasalah atau rusak. Masalah ini paling sering saya alami sendiri. Ketika komputer restart yang pertama saya cek yakni memorinya, Setelah itu di bersihkan dengan penghapus. Alhasil alhamdulillah mampu normal kembali.

Demikianlah artikel Penyebab Komputer Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda dan kita semua ^_^

Artikel Terkait

Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email