Selasa, 10 Februari 2015

Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar

apa-arti-bunyi-beep-pada-bios-pc Kali ini akan membahas cara yang memperbaikinya secara benar.Ikuti langkah berikut untuk mengatasi dilema tersebut.
Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar

 
1.    Lepas semua kabel yang terhubung pada CPU.

2.    Buka casing CPU.

3.   Lepas RAM (memory) yang terpasang pada slot DIMM. Jika Anda menggunakan 2 keping RAM, coba bersihkan konektor RAM dengan karet penghapus, mampu saja hal ini disebabkan oleh kotoran yang ada pada konektor RAM. Seteiah Itu pasang salah satu RAM sa)a dan hidupkan komputer.

4.    Jika langkah 3 mampu mengatasi masalah, lanjutkan dengan memasang keping RAM yang satu lagi. Jika dengan memasang RAM yang kedua komputer kembali menerima masalah, berarti salah satu RAM Anda mengalami kerusakan. Lepas kembali RAM tersebut dan pasang satu keping RAM saja.

5.    Jika dengan langkah 3 dan 4 dilema tidak teratasi, lakukanlah langkah selanjutnya. Periksa VGA eksternal jikalau Anda menggunakannya, lepas VGA eksternal dan bersihkan konektor VGA menyerupai pada ketika membersihkan RAM. Pasang kembali VGA eksternal dengan benar, setelah itu hidupkan komputer.

6.    Jika langkah 5 sudah dilakukan dan dilema belum teratasi, coba lepas semua hardware eksternal yang terpasang, menyerupai modem, sound card eksternal, ethernet card eksternal, dan komponen lainnya jikalau ada. Sisakan yang terpasang pada mainboard hanya VGA card eksternal dan RAM saja, kemudian hidupkan komputer. Jika dengan cara ini komputer mampu normal kembali, kerusakan terdapat pada hardware yang Anda lepas tadi. Untuk mengetahui hardware mana yang rusak, coba pasang kembali hardware yang dilepas tadi satu per satu. Pada ketika komputer error lagi ketika memasang salah satu hardware, berarti hardware tersebutlah biang keladinya. Ganti saja dengan hardware yang baru.

7. Jika langkah 6 juga tidak menunjukkan hasil, berarti dilema terletak pada prosesor atau bahkan motherboard Anda. Namun untuk memastikan kerusakan prosesor atau motherboard, ada baiknya Anda mengetes VGA card eksternal dan RAM Anda di CPU lain yang memakai VGA card dan RAM yang sejenis dengan milik Anda. Jika ternyata RAM dan VGA card Anda berjalan normal pada CPU lain, Anda mampu mengetes prosesor pada CPU lain yang sejenis (sekadar memastikan kerusakan prosesor). Jika memang prosesor Anda error, sebaiknya Anda membeli prosesor baru. Namun, jikalau prosesor Anda berjalan normal pada CPU lain, berarti ada kerusakan pada motherboard. Anda boleh mendatangi klinik komputer untuk memperbaikinya atau mampu membeli motherboard baru.

Demikian Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar.Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Masalah Pada PC Komputer Dengan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email